Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2399
Title: Penerapan Model Pembelajaran Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan
Authors: Dona, Mirat
Keywords: Penggunaan Penilaian Portofolio;Hasil belajar Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Rumusan Masalah Penelitian ini sebagai berikut : Bagaiamana Penerapan Model Pembelajaran Penilaian Portofolio dalam proses pembelajaran PKn di Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Apakah penggunaan penilaian portofolio dapat meninggkatkan hasil belajar PKn di Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen penelitian Tes yang berbentuk (essay test) dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Melalui penggunaan penilaian portofolio. Adapun sabjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Yang terdiri dari dua Kelas berjumlah 47 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Yang terdiri satu kelas berjumlah 21 siswa. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa . penerapan Model Pembelajaran Penilaian Portofolio ternyata dapat meningkatakan hasil belajar PKn siswa penguasaan pada materi pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukan dengan tingkat ketuntasan evaluasi siswa sebelum menggunakan penilaian portofolio dari 19,05% pada siklus I meningkatkan menjadi 71,43% kemudian pada siklus II peningkatan yang Sangat memuaskan menjadi 90,48%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2399
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.