Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23984
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAMADHAN, RIDWAN-
dc.date.accessioned2024-06-22T01:41:20Z-
dc.date.available2024-06-22T01:41:20Z-
dc.date.issued2024-05-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23984-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (3) Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model problem posing terhadap motivasi belajar siswa. (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Numbered Head Together (NHT) dan kelas eksperimen dengan model problem posing. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B dengan jumlah masing-masing kelas 22 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah, (3) Angket motivasi belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang mana angka signifikasi modelnya 0,003 < 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan angka signifikasi Corrected Model yaitu 0,004 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model problem posing terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,004 < 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi Corrected Model yaitu 0,037 < 0,05.en_US
dc.subjectKemampuan awal matematikaen_US
dc.subjectModel Numbered Head Together (NHT), Model Problem Posingen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPIT MIFTAHUL JANNAHen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS RIDWAN RAMADHAN 2220070009.pdf3.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.