Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23982
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS IBADURRAHMAN STABAT
Authors: HENDRIK
Keywords: Kemampuan Awal Matematika;Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning;Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa
Issue Date: 16-May-2024
Abstract: Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII MTs Ibadurrahman Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2)Pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa. (3)Interaksi antara model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning serta kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4)Interaksi antara model Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket Kemandirian Belajar Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis covarians dan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3)Tidak terdapat interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD)dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa, (4)Tidak terdapat interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23982
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS HENDRIK 2220070013.pdf8.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.