Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23968
Title: PENGARUH STRATEGI BELAJAR INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 104208 CINTA RAKYAT
Authors: MEGA, LESTARI
Keywords: strategi belajar IOC;pelajaran Bahasa Indonesia;keterampilan membaca siswa
Issue Date: 28-Mar-2024
Abstract: Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN 104208 Cinta Rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Variabel bebas dalam pentlitian ini yaitu strategi belajar IOC dan variabel terikatnya yaitu keterampilan membaca siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja berupa pretest dan posttest membaca suatu teks bacaan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan rumus uji t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata keterampilan membaca siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar IOC (Posttest) yaitu 85,25 berada pada rentang nilai interval 80 – 100 yang berarti dalam kategori Sangat Baik; 2) Rata-rata keterampilan membaca siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar Konvensional (Posttest) yaitu 52,25 berada pada rentang nilai ≤ 55 yang berarti dalam kategori Kurang; 3) Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa Strategi Belajar IOC mempunyai nilai signifikan sebesar 0,018 < 0,05, maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi belajar IOC terhadap keterampilan membaca siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23968
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MEGA LESTARI.pdf1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.