Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23961
Title: PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 095248 BANDAR MASILAM
Authors: DIANA, WAHYUN
Keywords: Metode Picture and Picture,;Kreativitas Siswa;Matematika
Issue Date: 12-Jun-2024
Abstract: Diana Wahyuni, Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Kreativitas Siswa Di Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 095248 Bandar Masilam. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasahan disekolah, siswa kurang berkreativitas dalam mengikut kegiatan pembelajaran dikelas karena pada pembelajaran belum menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa dikelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 095248 Bandar Masilam kelas III berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan mengambil 2 kelaas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswadi kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam berpengaruh terhadap kreativitas siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diproleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka jika Ha diterima dan H0 ditolak. Artiya terdapat pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa di kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam. Hasil analisis data dirproleh rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 86,5. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata yang diproleh tanpa perlakuan yaitu 53,6 sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode Picture and Picture memilih rata-rata lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan metode Picture and Picture.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23961
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIANA WAHYUNI.pdf5.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.