Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23934
Title: PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL CHANNEL YOUTUBE “AKUPAHAM – BIOGRAFI , INSPIRASI, MOTIVASI” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: CHANIAGO, SITI NURHALIZA
Keywords: Media Audio Visual;Kemampuan Menulis Teks Biografi.
Issue Date: 22-Oct-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual Channel Youtube “AkuPaham-Biografi, Inspirasi, Motivasi” terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunakan media audio visual rata-rata 57,36 termasuk ke dalam kategori kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menulis teks biografi sesudah menggunakan media audio visual rata-rata 83,88 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 9,47 > 1,666 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual Channel Youtube “AkuPaham-Biografi, Inspirasi, Motivasi” terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23934
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI NURHALIZA CHANIAGO.pdfFull Text7.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.