Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2392
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMelati, Ema-
dc.date.accessioned2020-03-11T00:58:16Z-
dc.date.available2020-03-11T00:58:16Z-
dc.date.issued2017-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2392-
dc.description.abstractPermasalahan penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 81 orang siswa, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas yang menjadi sampel yang diteliti adalah kelas VIIIII sebanyak 25 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Yang mana angket ini melakukan pengamatan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan serta angket Model Pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pengaruh model pembelajaran Word Square dengan penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa model pembelajaran Word Square sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Ini terbukti dengan dengan nilai koefisien korelasi ๐‘Ÿโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 0,854. Dari table r Product Moment untuk N= 25 diperoleh ๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 0,3961. Jadi, karena ๐‘Ÿ๐‘ฅ๐‘ฆ (0,854) >๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (0,3961) maka korelasi Sangat Kuat. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 5,614 sebesar taraf signifikan ฮฑ =0,05 dan dk = n โ€“ 2 = 25 โ€“ 2 = 23, maka peroleh harga ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ =1,713. Diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” 5,614 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ 1,713. ini berarti Ha diterima artinya ada nya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Word Squareen_US
dc.subjectMinat Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.