Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23926
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAHPUTRI, JULIANI-
dc.date.accessioned2024-06-21T02:05:12Z-
dc.date.available2024-06-21T02:05:12Z-
dc.date.issued2024-05-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23926-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini yaitu untuk : 1). Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media roda pintar membaca berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08 Medan. 2). Untuk mengetahui kevalidan media roda pintar membaca berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08 Medan. 3). Untuk mengetahui kepraktisan media roda pintar membaca berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan media roda pintar membaca di kelas III SD Muhammadiyah 08 Medan. Berdasarkan validasi terhadap media memperoleh 72%, validasi ahli materi memperoleh 72,2%, validasi ahli bahasa memperoleh 83,3%. Hasil kepraktisan terhadap media roda pintar membaca untuk respon guru diperoleh sebanyak 94,4%, dan untuk respon siswa diperoleh sebanyak 95,8%, artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran roda pintar membaca sudah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.en_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Roda Pintar (ROPIME)en_US
dc.subjectModel Pembelajaran ADDIEen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PINTAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 08 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI JULIANI SYAHPUTRI.pdfFull Text2.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.