Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23924
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, MAZVIRAH-
dc.date.accessioned2024-06-21T01:52:19Z-
dc.date.available2024-06-21T01:52:19Z-
dc.date.issued2024-05-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23924-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran berbasis project based learning pada kelas V di SDN 101740 Tanjung Selamat. Prosedur penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, I siklus terdiri dari empat langkah yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V B SD 101740 Tanjung Selamat dengan jumlah 14 laki-laki dan 11 perempuan. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi kreativitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata 72% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II skor 94% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 60,96% dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 80,72% dengan kategori baik. Dari pengelolahan tingkat kreativitas siswa pada siklus I skor 64% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II memperoleh 92% dengan kategori kreatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa yang dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 16 siswa yang memiliki nilai kreatif dengan persentase 64% dan terdapat 9 siswa yang tidak kreatif dengan persentase 36%. Kemudian pada siklus II sebanyak 23 siswa yang memiliki nilai kreatif daan sangat kreatif dengan persentase 92%, dan terdapat 2 siswa yang kurang kreatif dengan persentase 8%. Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas V Sekolah dasar 101740 Tanjung Selamaten_US
dc.subjectModel Pembelajaran Project Based Learningen_US
dc.subjectKreativitas Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR 101740 TANJUNG SELAMATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAZVIRAH SARI.pdfFull Text2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.