Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23923
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHAIRANI, RATIH-
dc.date.accessioned2024-06-21T01:46:14Z-
dc.date.available2024-06-21T01:46:14Z-
dc.date.issued2024-05-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23923-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis siswa pada bahasa Indonesia kelas II SDN 104190 yang bertempat di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana dalam penelitian ini akan menghitung kemampuan menulis siswa melalui instrument observasi. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah berjumlah 34 siswa dimana untuk siswa perempuan berjumlah 16 siswa dan laki-laki berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji prasyarat terbagi menjadi dua yaitu yang pertama, uji normalitas yang menghasilkan sebelum menggunakan model pembelajaran make a match 0.013 ≥ 0,05 sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran make a match yakni 0.018 ≥ 0,05 dan yang kedua, uji homogenitas dengan menghasilkan 0.102 ≥ 0,05. Pada uji hipotesis menggunakan uji t (independent test) dengan menghasilkan 0.000 ≤ 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis siswa pada bahasa Indonesia kelas II SDN 104190en_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectmake a matchen_US
dc.subjectmenulisen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 104190en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RATIH KHAIRANI.pdfFull Text1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.