Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2391
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Meningkatnya Rasa Nasionalisme Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan
Authors: Nurhayati
Keywords: Model Pembelajaran;Rasa Nasionalisme;Berbasis Masalah
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode konvensional yakni ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Walaupun ada kalanya menggunakan diskusi. Hal ini siswa mengakibatkan siswa hanya menerima pelajaran , cenderung pasif kurang memiliki keberanin dalam menyampaikan pendapat, tidak bertanya jika materi yang kurang jelas, kurang memiliki kemampuan merumskan gagasan sendiri dan siswa belum terbiasa bersaing dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh medol pembelajaran berbasis masalah terhadap rasa nasionalisme siswa pada materi sikap positif terhadap pancasila berbangsa dan bernegara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 94 orang, terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan randem sampel yaitu siswa diambil secara ajak diteliti dari kelas VIII. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik kuantitatif yaitu dengan menggunakan korelasi produk moment. Berdasarkanhasil perhitungan hipotesis diatas diperoleh = 0,7 sebesar tarif signifikan = 0,05 dan dk = N – 2 = 19 – 2 = 17, maka diperoleh = 0,689. Keseimpulannya jika dibandingkan dengan diperoleh ini berarti Ha diterima artinya adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap rasa nasionalisme siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2391
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.