Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23904
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANDANY, SUCI-
dc.date.accessioned2024-06-20T10:34:42Z-
dc.date.available2024-06-20T10:34:42Z-
dc.date.issued2024-03-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23904-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan model pembeajaran kooperatif tipe Jigsaw dan guru belum pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kepercayaan diri siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas kontrol, 2) untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas eksperimen, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Metode peneitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling , variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan variable terikatnya adalah kepercayaan diri siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar angket (kueioner). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji asumsi (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberi perlakuan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikelas eksperimen 79,48. Sedangkan siswa dikelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 71,00. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian meunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, karena dari hasil analisis uji t (Independent t test) diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Dalam hal ini, nilai sig (2-tailed) yang diperoleh < 0,00 atau 0,00 < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.subjectKepercayaan Dirien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUCI ANDANY.pdf2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.