Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/239
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06
Authors: Muhammad, Mar I
Keywords: Mobile Learning;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Aug-2019
Abstract: umusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran 4-D berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret ?. (2) Apakah pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret ?. Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai sumber belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret. (2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis mobile learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi barisan dan deret kelas XI SMK telah dilaksanakan dan dinyatakan valid oleh 2 validator dan 1 guru bidang studi, nilai yang diberikan ke3 penilai yaitu 3,6. Penilaian peningkatan kemampuan koognitif siswa menggunakan pretest dan posttest diperoleh 4 siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Sedang (baik) dengan persentase 26,6%, dan 11 siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang tinggi dengan persentase 73,3 % % dengan total 15 siswa. Dan juga diperoleh nilai pretest terendah yaitu 25 dan nilai tertinggi 43 serta nilai posttest terendah 61 dan nilai tertinggi dalam posstest adalah 93, dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Sehingga setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran 14 siswa mengalami ketuntasan hasil belajar dengan persentase 93 % dan 1 siswa tidak tuntas dengan persentase 7 %.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/239
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.