Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23872
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSEMBIRING, SEMBIRING-
dc.date.accessioned2024-06-15T08:28:59Z-
dc.date.available2024-06-15T08:28:59Z-
dc.date.issued2024-01-12-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23872-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 14 orang (43,75%), siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 9 orang (28,12%), siswa memperoleh nilai 56-65 sebanyak 7 orang (21,87%), dan siswa memperoleh nilai 40-55 sebanyak 2 orang (6,25%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 2 orang (6,45%), nilai 66-79 sebanyak 4 orang (12,90%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 15 orang (48,38%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 8 orang (25,80%) dan siswa memperoleh nilai <39 sebanyak 1 orang (3,22%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 7,4 selanjutnya harga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” ini dibandingkan dengan taraf signifikan ฮฑ= 5 % dengan Db= ๐‘›1 + ๐‘›2 -2 = 61 maka diperoleh ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 1,67022. Demikian dapat diketahui ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 7,4 > 1,67022 maka ๐ป๐‘Ž diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectMenulis surat pribadien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII MTs AL-WASHLIYAH KOLAM TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ARISMAN[1] (1).pdf5.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.