Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23872
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SEMBIRING, SEMBIRING | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-15T08:28:59Z | - |
dc.date.available | 2024-06-15T08:28:59Z | - |
dc.date.issued | 2024-01-12 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23872 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 14 orang (43,75%), siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 9 orang (28,12%), siswa memperoleh nilai 56-65 sebanyak 7 orang (21,87%), dan siswa memperoleh nilai 40-55 sebanyak 2 orang (6,25%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 2 orang (6,45%), nilai 66-79 sebanyak 4 orang (12,90%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 15 orang (48,38%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 8 orang (25,80%) dan siswa memperoleh nilai <39 sebanyak 1 orang (3,22%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 7,4 selanjutnya harga ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ ini dibandingkan dengan taraf signifikan ฮฑ= 5 % dengan Db= ๐1 + ๐2 -2 = 61 maka diperoleh ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 1,67022. Demikian dapat diketahui ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐ yaitu 7,4 > 1,67022 maka ๐ป๐ diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023 | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Menulis surat pribadi | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII MTs AL-WASHLIYAH KOLAM TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_ARISMAN[1] (1).pdf | 5.89 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.