Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2387
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X SMK Bina Satria
Authors: Hanum, Witra
Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi;Kemampuan Berpikir
Issue Date: 20-Apr-2017
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan dalam masalah ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari enam kelas yang berjumlah 271 siswa, maka sampel pada penelitian ini di kelas X-2 TKJ yang berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes dan Angket. Data yang digunakan dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya sebanyak 10 item pertanyaan (Post test) Model Pembelajaran Artikulasi (Variabel X), dan 15 item pertanyaan dengan menggunakan angket Kemampuan Berpikir (Variabel Y). Data Uji Instrument Angket (Variabel Y) diolah dengan menggunakan teknik analisis product moment dari analisis data diperoleh nilai korelasi dengan nilai sebesar 0,605, dengan demikian terdapat hubungan derajat reabilitas suatu angket tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi rhitung = 0,605 > rtabel = 0,349 , hal tersebut menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung = 5,273 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan dk 32-2 =30 diperoleh nilai sebesar 1,697. Dengan demikian thitung > ttabel (5,273 > 1,697) maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga terbukti secara signifikan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2387
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.