Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23776
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authordamanik, Kemal ananta-
dc.date.accessioned2024-06-13T09:51:48Z-
dc.date.available2024-06-13T09:51:48Z-
dc.date.issued2024-04-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23776-
dc.description.abstractBagian yang sangat menentukan kinerja sebuah turbin angin adalah sudunya. Penampang sudu turbin angin biasanya berbentuk airfoil untukmendapatkan karakteristik aerodinamis terbaik dari turbin angin. Airfoil adalah struktur penampang dengan luas tertentu dan NACA (National Advisory Committee for Aeronautics), merupakan setandar dalam perancangan suatu airfoil. Airfoil NACA 4412 adalah salah satu jenis profil airfoil yang banyak digunakan pada sayap pesawat maupun bilah pada turbin angin. Profil airfoil ini memiliki kemampuan aerodinamika yang baik. Penelitian mengenai airfoil dilakukan bertujuan untuk mengetahui berapa besarnya gaya angkat yang dihasilkan dari suatu bodi airfoil. Variasi kecepatan akan mempengaruhi coefficient lift dan drag yang dihasilkan serta mengakibatkan perubahan distribusi tekanan dan distribusi kecepatan yang terjadi pada aliran udara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data-data spesifik mengenai NACA airfoil 4412, kemudian melakukan perhitungan coefficient lift, coefficient drag, distribusi tekanan dan distribusi kecepatan yang terjadi pada airfoil NACA 4412 menggunakan perangkat lunak yaitu solidworks 2021, dengan variasi kecepatan yang telah ditentukan yaitu 2 m/s, 4 m/s, 6 m/s dan 8 m/s untuk mengetahui sifat aerodinamisnya. Variasi kecepatan pada airfoil NACA 4412 berpengaruh pada distribusi tekanan dan distribusi kecepatan, dimana semakin tinggi kecepatan maka nilai distribusi tekanan semakin tinggi, sedangkan nilai distribusi kecepatan semakin rendah. Semakin besar nilai CL maka nilai lift yang di dapat akan semakin besar. Semakin besar nilai CD maka nilai drag yang di dapat akan semakin besar. Variasi kecepatan pada airfoil NACA 4412 berpengaruh pada coefficient lift dimana nilai coefficient lift dan coefficient drag akan semakin meningkat pada tiap kecepatan namun pada kecepatan 8 m/s coefficient lift akan menurun. Nilai coefficient lift tertinggi terjadi pada kecepatan aliran 6 m/s sebesar 3.54769e+04.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectAirfoil NACA 4412en_US
dc.subjectCFDen_US
dc.subjectVariasi kecepatanen_US
dc.subjectcoefficient liften_US
dc.titleAnalisa Numerik Airfoil NACA 4412 Menggunakan Computational Fluids Dynamic Dengan Variasi Kecepatanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
sidang kemal damanik.pdf2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.