Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23756
Title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGADAIKAN BARANG DIPEGADAIAN SYARIAH CABANG AR HAKIM KOTA MEDAN
Authors: VIONY, LORENZA
Keywords: faktor lokasi;faktor harga,;faktor promosi;faktor aspek syariah;keputusan pembelian
Issue Date: 29-Apr-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah menggadaikan barang gadai (Rahn) di pegadaian syariah Cabang AR Hakim karena dilihat dari semakin meningkatnya nasabah yang melakukan transaksi gadai. Adapun faktor-faktor yang difokuskan terdiri dari faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi, dan faktor aspek syariah. keempat faktor tersebut diperoleh dari teori dan riset yang dijadikan sebagai rujukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode survey dengan pendekatan kuantitatif, adalah penelitian yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para nasabah yang dijadikan responden. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dari nasabah Cabang AR Hakim Kota Medan. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25 dengan teknik analisis data yang dipakai antara lain uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji kesesuaian model dan uji parsial, serta uji serentak. Dari hasil penelitian uji serentak menunjukkan bahwa faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi dan faktor aspek syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn) Diketahui nilai signifikansi Faktor Lokasi, (X1) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah sebesar 0,003 < 0,05 dan thitung 7,563 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor lokasi berpengaruh dan signifikan. Diketahui nila signifkansi Faktor harga, (X2) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan thitung 5,692 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor harga berpengaruhdan signifikan. Diketahui nilai signifkansi Faktor promosi, (X3) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,001 < 0,05 dan thitung 5,097 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor promosi berpengaruhdan signifikan. Diketahui nilai signifkansi Faktor alasan syariah, (X4) terhadap Keputusan nasabah (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan thitung 6,335 > ttabel 2,787 sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor alasan syariah berpengaruh dan signifikan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23756
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Viony Lorenza_2001280055.pdf3.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.