Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23744
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFACHRUL, AZMI-
dc.date.accessioned2024-06-12T04:12:54Z-
dc.date.available2024-06-12T04:12:54Z-
dc.date.issued2024-04-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23744-
dc.description.abstractKerucut lalu lintas adalah alat yang sangat dibutuhkan dalam pengaturan jalan raya. Banyak kerucut lalu lintas yang dipakai mempunyai ketahanan yang kurang. Pada penelitian ini, kerucut lalu lintas yang diteliti adalah kerucut yang terbuat dari komposit yang diperkuat dengan serat kulit durian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan impak spesimen dengan memanfaatkan serat kulit durian sebagai bahan penguat. Metode uji stabilitas digunakan untuk menguji karakteristik mekanik dan metode uji impak charpy untuk menguji spesimen. Serat kulit durian dipersiapkan melalui proses pengeringan, pemotongan, dan penumbukan menggunakan mesin penggiling serat kulit durian agar berubah menjadi serat. Kemudian, serat tersebut diintegrasi ke dalam matriks resin untuk membentuk komposit kerucut lalu lintas. Setelah melakukan pengamatan di beberapa titik lokasi pengujian pada pengimpakan 160 mm dari base diketahui energi maksimal yang dapat diserap oleh kerucut yaitu sebesar 1,8 J dan energi potensial terbesar diperoleh sekitar 16,88 J terjadi pada pengimpakan 160 mm, dan pada pengimpakan 160 mm dari hasil simulasi pergeseran pada software Solidworks pergeseran terjauh terdapat pada base 160 mm dengan nilai θ=45°sejauh 643 mm.en_US
dc.subjectKerucut lalu lintasen_US
dc.subjectserat kulit durianen_US
dc.subjectkompositen_US
dc.subjectimpak charpyen_US
dc.titleSIMULASI KEKUATAN KETAHANAN KERUCUT LALU LINTAS DIPERKUAT DENGAN SERAT KULIT DURIANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir_FACHRUL AZMI.pdf3.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.