Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23741
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPESTA, GRECI MANALU-
dc.date.accessioned2024-06-12T04:02:29Z-
dc.date.available2024-06-12T04:02:29Z-
dc.date.issued2024-02-12-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23741-
dc.description.abstractTanggung jawab belajar merupakan tugas utama dan kewajiban bagi setiap siswa. Tanggung jawab adalah mengerjakan tugas dan kewajiban dengan sebaik baiknya.. Berkenaan dengan masalah rendahnya tanggung jawab belajar siswa memiliki dampak negatif terhadap kurangnya pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran serta berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. konseling individual adalah salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang berupa untuk membantu peserta didik atau konseli mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan pengentasan masalah pribadi yang di derita konseli. Dalam penyelenggaraan konseling individual dalam membantu siswa untuk menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab belajar siswa, ada banyak pendekatan konseling yang dapat digunakan dalam membantu siswa dalam mengatasi masalah maupun menyadarkan akan tanggung jawab siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan realita. Pendekatan realita merupakan pendekatan yang menganggap bahwa realisasi untuk tumbuh dalam rangka memuaskan kebutuhan harus di landasi oleh prinsip 3 R, (Right, Responsibility, dan Reality). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan konseling realitas untuk menmbuhkan kesadaran tanggung jawab belajar siswa kelas VII SMP Deli Murni Sukamaju Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Deli Murni Sukamaju yang berjumlah 3 orang yang memiliki kesadaran tanggung jawab belajar yang rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam dua siklus.. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa kesadaran tanggung jawab belajar siswa kelas VII SMP Deli Murni Sukamaju Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam belajar.en_US
dc.subjectLayanan Konseling Individualen_US
dc.subjectKonseling Realitaen_US
dc.subjectTanggung Jawab Belajaren_US
dc.titleLAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITA UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DELI MURNI SUKAMAJU TAHUN AJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PESTA GRECI MANALU.pdf2.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.