Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23738
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorELVIA, MAUDINA-
dc.date.accessioned2024-06-12T03:50:07Z-
dc.date.available2024-06-12T03:50:07Z-
dc.date.issued2024-05-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23738-
dc.description.abstractDalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar, dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Motivasi dan dukungan dari orang tua sangat penting bagi anak-anaknya dalam proses belajarnya. Karena biasanya anak-anak yang dalam belajarnya mendapatkan motivasi dari orang tuanya akan lebih rajin dan serius dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan motivasi dari orang tuanya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X di SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Swata Jambi Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 31 siswa. Karna siswa kurang dari 100, maka semua siswa dijadikan sampel. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) motivasi , 2) minat belajar, dan 3) hasil belajar Akuntansi dasar. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, . Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis regresi linier multipel. Terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belaja Akuntansi dasar siswa. Uji hipotesi untuk variable motivasi diperoleh thit =0,0912151 dan pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 398595 ttab = 0,655 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar sebesar 0,1096867. Untuk variabel minat belajar diperoleh thit =0,550088dan ttab =19, 5 pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 182384 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar sebesar 0,1096867. Untuk variabel motivasi, minat belajar dan hasil belajar Akuntansi Dasar diperoleh Fhit = 0,00335325 ,Ftab = 19,5 pada taraf signifikan 5%en_US
dc.subjectminaten_US
dc.subjectmotivasien_US
dc.subjecthasil belajar,angketen_US
dc.titlePENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK SWASTA JAMBI MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELVIA MAUDINA.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.