Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23737
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorALDI, SURYA-
dc.date.accessioned2024-06-12T03:41:54Z-
dc.date.available2024-06-12T03:41:54Z-
dc.date.issued2024-05-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23737-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana perencanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Bagaimana pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui perencanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa implementasi program pembiasaan tadarus Al- Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan saat ini menghasilkan dampak positif bagi peserta didik diantaranya yaitu: Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang bernuansa islami dan lebih mencintai Al- Qur’an, siswa siwi MTs Persiapan Negeri 4 Medan terlihat semakin berdisiplin,setelah bertadarus Al- Qur’an hati menjadi tenang, mudah dalam menghafal dan melantunkan ayat Al- Qur’an,kemampuan membaca Al Qur’an dan beribadah siswa siswi MTs Persiapan Negeri 4 Medan perlahan mengalami peningkatan dengan diterapkannya program Habitual Curriculum. Alokasi waktu pelaksanaan kegiatan tadarus Al- Qur’an di sekolah selama 20 menit kemudian 10 menit dilanjutkan dengan sholat Dhuha berjamaah di lapangan sekolah. Faktor pendukung implementasi program pembiasaan Al Qur’an tersebut diantaranya yaitu: fasilitas kegiatan yang memadai, motivasi dan perhatian dari dewan guru, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda dan diterapkannya program habitual curriculum. Selain dari adanya faktor pendukung yang terdapat pula faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan diantaranya yaitu: siswa masih kurang berdisiplin, kurang pengawasan lebih, dan kurang menghargai waktu.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPembiasaan dan Membaca Al- Quranen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PROGRAM MEMBACA AL-QURAN SEBELUM MEMULAI MATA PELAJARAN DI MTS PERSIAPAN NEGERI 4 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ALDI SURYA_1701020048.pdf4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.