Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23712
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Indah Aulia Putri-
dc.date.accessioned2024-05-30T10:10:59Z-
dc.date.available2024-05-30T10:10:59Z-
dc.date.issued2024-05-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23712-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan kelas V B sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 76,27 dan post-tes sebesar 85,54, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 64,92 dan post-test sebesar 75,96. Pembelajaran menggunakan model problem based learning memberikan dampak yang signifikan bagi siswa. Dilihat dari nilai signfikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 091590 Serbelawan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 091590 Serbelawanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDAH AULIA PUTRI HARAHAP.pdf7.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.