Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23704
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ANANDA, ANGGI DWI | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-30T02:56:32Z | - |
dc.date.available | 2024-05-30T02:56:32Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23704 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami materi dikarenakan pada proses pembelajaran belum menggunakan media pembalajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) terhadap berpikir kritis siswa pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 sekolah dasar kelas IV SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswadan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 70,2. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata tanpa perlakuan yaitu 57,1. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) terhadap berpikir kritis siswa SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh | en_US |
dc.subject | Media MOTE (Monopoli Tematik) | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA MOTE (MONOPOLI TEMATIK) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SEKOLAH DASAR KELAS IV SD NEGERI NO. 101947 TANJUNG BULUH | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Anggi Dwi Ananda_1902090063.pdf | Full Text | 2.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.