Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23700
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDELIANA PURBA, FRISKA-
dc.date.accessioned2024-05-28T02:44:41Z-
dc.date.available2024-05-28T02:44:41Z-
dc.date.issued2024-03-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23700-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru penggerak sebelum mengikuti program guru penggerak, 2)untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru penggerak setelah mengikuti program guru penggerak, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas program guru penggerak bagi peningkatan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru di SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengedepankan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan triangulasi antara sumber data untuk menguatkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian. Penelitian diawali dengan mengumpulkan data kualitatif tentang kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru SMK Negeri 7 Medan sebelum dan sesudah mengikuti Pendidikan guru penggerak melalui wawancara. Hasil temuan penelitian diperoleh bahwa program Guru Penggerak sudah efektif bagi peningkatan kompetensi pedagogik dan Kepemimpinan Guru di SMK Negeri 7 Medan, dan dari hasil observasi dan wawancara terlihat adanya peningkatan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru setelah mengikuti program ini yang berarti terdapat perbedaan yang nyata antara kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru sebelum mengikuti Pendidikan dan sesudah mengikuti Pendidikan guru penggerak. Setelah mengikuti program guru penggerak, guru penggerak mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran, menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid dan pemimpin dalam komunitas praktisi di SMK Negeri 7 Medan.en_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectguru penggeraken_US
dc.subjectkompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS PROGRAM GURU PENGGERAK BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 7 MEDAN)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_FRISKA DELIANA_2120060148.pdf3.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.