Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23689
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHAYU, LIA-
dc.date.accessioned2024-05-22T02:09:17Z-
dc.date.available2024-05-22T02:09:17Z-
dc.date.issued2024-04-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23689-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran Diosir (Diorama siklus air) pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan, untuk mengkaji kepraktisan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan serta untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media Diosir dalam pembelajaran IPA materi siklus air Kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang di modifikasi hanya sampai pada tahap implementation Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli desain media 94,28% “sangat valid”, ahli materi pembelajaran 95% “sangat valid” dan ahli Bahasa 100% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 94% dalam kategori “sangat praktis”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas V UPT SD Negeri 060863 Medan dengan jumlah siswa 26 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 97,07% dengan kategori “ sangat praktis”en_US
dc.subjectPengembangan Media Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Diosiren_US
dc.subjectADDIE,en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA DIOSIR (DIORAMA SIKLUS AIR) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V UPT SD NEGERI 060863 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LIA RAHAYU (2002090144).pdfFull Text5.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.