Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23679
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRA, ARIANTO-
dc.date.accessioned2024-05-21T01:48:52Z-
dc.date.available2024-05-21T01:48:52Z-
dc.date.issued2024-02-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23679-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap Self-Efficacy siswa, dan (3) interaksi antara model pembelajaran Problem based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) 10 soal UNBK tingkat SMP tahun 2019 untuk KAM/Pre-test , (2) 10 soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa/Post-test, dan (3) 50 soal angket untuk Self Efficacy/Post-test. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/Pre-test nilai sig 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap Self-Efficacy siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/Pre-test nilai sig 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/pre test nilai sig 0,425 > 0,05, berarti Ho ditolak.en_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subject,CTLen_US
dc.subjectKemampuan pemecahan Masalah Matematisen_US
dc.subjectSelf-Efficacyen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK Kesehatan Galang Insan Mandirien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_ARIANTO PUTRA_2120070008.pdf2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.