Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23631
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR HALIMAH, AHMAD-
dc.date.accessioned2024-05-02T02:06:05Z-
dc.date.available2024-05-02T02:06:05Z-
dc.date.issued2023-12-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23631-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik teks fabel oleh siswa kelas Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan yang berjumlah 144 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 54 siswa, 26 siswa kelas eskperimen 28 siswa kelas kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik teks fabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji u (U Mann Whitney Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas kontrol dengan rata-rata 66,29 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest kelas eksperimen dengan rata-rata 85,09 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam kegiatan memahami unsur intrinsik teks fabel oleh siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan.en_US
dc.subjectDRTAen_US
dc.subjectTeks Fabelen_US
dc.subjectKemampuan Memahamien_US
dc.titlePENGARUH METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI 2 NURHALIMAH AHMAD NPM 1902040019_2024.pdfFull Text5.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.