Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2355
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUlfa, Cici Triya-
dc.date.accessioned2020-03-10T08:40:34Z-
dc.date.available2020-03-10T08:40:34Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2355-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Rasional Emotif Terapi untuk mengurangi rasa rendah diri pada siswa di Kelas X di SMK YPK Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang beralamat di Jl. Sakti Lubis Gg. Amal No.25, Siti Rejo I, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20219. Adapun yang menjadi pertimbangan peneliti memilih lokasi ini adalah sepengetahuan penulis permasalahan yang diteliti belum pernah diteliti di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Subjek dalam penelian kualitatif adalah kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah yang akan diteliti, guru bimbingan konseling (konselor), dan para siswa yang mengalami masalah rendah diri. Adapun objek penelitian adalah 5 orang siswa dari Kelas X di SMK YPK yang mengalami masalah rasa rendah diri. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan Rasional Emotif Terapi untuk meningkatkan keadaan rendah diri pada siswa dikelas XI di SMK YPK tahun pembelajaran 2017/2018 dapat membantu para siswa-siswi dalam mengurangi rasa rendah diri. Keadaan rendah diri tidak bisa dihadapi oleh beberapa siswa di sekolah ini muncul karena beberapa faktor, antara lain faktor lingkungan dan budaya serta lemahnya pemahaman siswa terhadap dirinya. Hal ini yang membuat keadaan kelas menjadi kurang berdamika, karena ada pengelompokan. Melihat hal ini pihak sekolah dan guru bimbingan dan konseling sering memberikan arahan dengan mengajak siswa melakukan layanan bimbingan dan konseling dengan memahami diri siswa tersebut serta memperhatikan aspek-aspek apa saja yang membuat mereka tidak bisa mengatasi rasa rendah dirinya. Hal ini dilakukan dengan maksud agar para siswa-siswi dapat berkembang secarah utuh.en_US
dc.subjectPendekatan Rational Emotif Terapien_US
dc.subjectRasa Rendah Dirien_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Rational Emotif Terapi untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas X SMK YPK Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.