Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23519
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBR GINTING, KARTIKA AYU-
dc.date.accessioned2024-02-22T03:00:17Z-
dc.date.available2024-02-22T03:00:17Z-
dc.date.issued2022-08-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23519-
dc.description.abstractPembelajaran daring menyebabkan anak remaja lebih lama terhubung dengan internet, kondisi ini diyakini dapat menimbulkan dampak negatif kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Remaja Dalam Mengatasi Dampak Negatif Internet Pada Masa Pembelajaran Daring Di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus terhadap dua keluarga yang memiliki anak remaja dengan pengalaman terpapar dampak negatif internet. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Informan yang ditetapkan sebagai subjek dirumuskan berdasarkan kriteria spesifik dan memenuhi syarat pada penelitian ini. Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Berdasarkan empat tipe komunikasi dalam keluarga menurut Fitzpatrick, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua pola komunikasi keluarga, yaitu komunikasi keluarga konsensual dengan intensitas komunikasi yang sering dan terbuka, dan komunikasi keluarga lasissez-faire dengan intensitas komunikasi yang masih rendah sehingga anak cenderung tertutup. Pada prosesnya, kedua keluarga cenderung menggunakan alur satu arah dengan situasi yang dibangun secara berbeda. Proses komunikasi kedua keluarga menggunakan teknik komunikasi agresif dan langsung. Namun, pada topik-topik tertentu, keluarga konsensual menggunakan teknik asertif. Isi pesan yang disampaikan oleh orang tua adalah tentang nilai, moral dan agama sebagai pedoman remaja. Fungsi komunikasi keluarga sebagi pengawasan dipengaruhi oleh pendidikan, sosial dan tingkat ekonomi orang tua dalam memiliki kemampuan litersi digital sebagai pedoman remaja untuk bijak menggunakan internet.en_US
dc.subjectPola Komunikasi Keluargaen_US
dc.subjectOrang Tuaen_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.subjectInterneten_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN REMAJA DALAM MENGATASI DAMPAK INTERNET PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS KARTIKA AYU BR GINTING 2020040016.pdf2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.