Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23474
Title: STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN STANDAR PROSES DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 MANDAILING NATAL
Authors: AMINI ZA, AISYAH
Keywords: Strategi;Kepala Sekolah;Standar Proses
Issue Date: 21-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pentingnya pembelajaran sesuai dengan standar proses di sekolah. Penelitian ini menjelaskan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar proses di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mandailing Natal. Pembelajaran sesuai dengan standar proses terntunya memerlukan strategi kepala sekolah, mulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi supaya pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode yang digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pengumpulan data, reduksi data, menganalisis dan menyimpulkan. Teknik analisis data menggunkan model Miles and Huberman. Uji keabsahan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar proses yaitu : a. menetapkan tujuan standar proses, b.pengembangan silabus dan RPP, c.menyusun rencana pembelajaran 2) implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar proses yaitu: a.Pembentukan rombongan belajar/ kelompok mata pelajaran, b. Pembelajaran berbasis kompetensi, c.Pembelajaran dengan keterampilan aflikatif dan d.Pemanfaatan media pembelajaran 3) evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar proses adalah dengan pemantauan proses pembelajaran, supervisi, pelaporan dan tindak lanjut
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23474
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS AISYAH AMINI ZA 2120060040.pdf4.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.