Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23452
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAFITRI, ARDILA-
dc.date.accessioned2023-11-30T01:01:36Z-
dc.date.available2023-11-30T01:01:36Z-
dc.date.issued2023-11-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23452-
dc.description.abstractDalam pembelajaran kontekstual, guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung lebih alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Dalam kelas kontekstual, tugas guru hanya mencapai tujuannya. Guru lebih banyak berurusan dengan strategi dari pada memberi informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama-sama untukmenemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). sesuatu yang baru datang dari menemukan sendiri bukan dari apa kata guru. Begitulah peran guru di kelas yang dikelola dengan pembelajaran kontekstual. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah efektif karena mendorong guru untuk lebih memperhatikan kreativitas siswa dalam belajar dan meningkatkan keaktifan, ide kreasi serta kemampuan siswa dikelas maupun diluar kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 24 Medanen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.subjectPembelajaran Kontekstual dan Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 24 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Ardila Syafitri npm (1901020005).pdfFull Text2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.