Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23449
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTAMBUNAN, WANDA PRATIWI-
dc.date.accessioned2023-11-30T00:54:20Z-
dc.date.available2023-11-30T00:54:20Z-
dc.date.issued2023-11-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23449-
dc.description.abstractTujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode ziyadah dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an di MTsPN 4 Medan, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan penggunaan metode ziyadah, serta evaluasi yang dilakukan pada penggunaan metode ziyadah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ziyadah dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an di MTsPN 4 Medan terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama perencanaan, meliputi: penetapan program, menentukan teknik menghafal Al-Qur’an, menntukan target hafalan. Tahap kedua yakni pelaksanaan. Pelaksanaan metode ziyadah sudah sesuai, banyak siswa yang sudah mencapai target hafalan sesuai dengan ketetapan sekolah . Tahap ketiga yakni evaluasi dalam penggunaan metode ziyadah dilakukan dengan cara selesai menyetorkan hafalan siswa diberikan penilaian dalam catatan setoran hafalan siswa, untuk siswa yang mencapai target hafalan akan diberikan sertifikat sebagai bukti keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Ziyadahen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE ZIYADAH DALAM PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTsPN 4 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WANDA PRATIWI FIXZ revisi.pdfFull Text3.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.