Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23433
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANTIKA, NURI-
dc.date.accessioned2023-11-29T08:33:56Z-
dc.date.available2023-11-29T08:33:56Z-
dc.date.issued2023-11-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23433-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai implementasi program parenting di SMP Darussalam Medan, mendeskripsikan kendala dan solusi yang dialami dalam melaksanakan program parenting di SMP Darussalam Medan, serta Mendeskripsikan hasil perkembangan karakter peserta didik di SMP Darussalam Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif bertujuan untuk mend apatkan data dengan cara observasi lapangan secara langsung. Serta menggunakan pendekatan deskriptif bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan suatu kegiatan implementasi program parenting di SMP Darussalam Medan. Hasil penelitian mengenai implementasi program parenting di SMP Darussalam Medan yaitu program parenting dilaksanakan satu kali dalam setahun dengan melakukan sosialisasi dan berdiskusi antara pihak sekolah dan orangtua mengenai perkembangan karakter siswa. Adapun kendala yang dialami dalam melaksanakan program parenting ialah kurangnya respon, antusias dan ketidakaktifan orangtua dalam pelaksanaan program parenting. Pihak sekolah memiliki solusi untuk mengatasi kendala ialah pihak sekolah dan orangtua membuat whatsapp group dan zoom meeting untuk orangtua yang tidak dapat menghadiri kegiatan, melakukan dialog dalam membangun komunikasi yang efektif dan melakukan evaluasi penilaian jangka pendek dan penilaian jangka panjang. Hasil implementasi program parenting di SMP Darussalam Medan yaitu menambah pengetahuan dan membuka pola pikir orangtua dalam menerapkan pola asuh yang baik, peran guru dalam mempraktikan pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dan meneladani, serta membangun sinergi antara pihak sekolah, guru, dan orangtua dalam perkembangan karakter siswa ialah menjadikan peserta didik yang menaati dan melaksanakan ibadah kepada Allah Swt, melahirkan peserta didik menjadi generasi Qur’ani, menjadikan peserta didik yang berakhlakul karimah, membimbing peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam. Menjadikan peserta didik yang bertanggungjawab, disiplin dan menaati peraturan sekolah, serta menjadikan peserta didik sebagai generasi yang mencintai keberagaman budayaen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectProgram Parentingen_US
dc.subjectKarakter Siswaen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DI SMP DARUSSALAM MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_nuri antika_1901020116.pdfFull Text5.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.