Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23420
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAWADDAH, IKRA-
dc.date.accessioned2023-11-29T07:42:54Z-
dc.date.available2023-11-29T07:42:54Z-
dc.date.issued2023-11-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23420-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran production based training (PBT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimen atau desain ekperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i MTS Cendikia. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada mata pelajaran Fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based Training, menunjukkan nilai pretest siswa yang memiliki rata-rata sebesar 81,09, nilai maksimum 100 dan nilai minimum 20. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara sebelum menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based Training, menunjukkan nilai posttest siswa yang memiliki rata-rata sebesar 91,09 nilai maksimum 100 dan nilai minimum 70. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara setelah menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Pengaruh signifikan model pembelajaran Production based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTS Cendikia dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai nilai t-hitung sebesar 8,432 > t-tabel sebesar 1,697. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikiaen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectProduction Based Trainingen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUCTION BASED TRAINING (PBT) TERHADAP HASIL BELJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs CENDEKIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ilovepdf_merged (2).pdfFull Text3.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.