Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23416
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOMANDI (KOMIK AKUNTANSI DIGITAL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL KHUSUS KELAS XI AKL SMKN 6 MEDAN T.A 2022/2023
Authors: ULFA, FADHILAH
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital);Hasil Belajar
Issue Date: 23-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Kelas XI Akl SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini dilakasanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas XI Akl (Akuntansi keuangan lembaga), yang terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas XI Akl-1,XI Akl-2 dan XI Akl-3 yang berjumlah 106 orang siswa. Adapun metode penelitian yang diguanakan adalah eksperimen kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Non Probability Sampling yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi 2 berjumlah 35 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. tes yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk essay test yang berjumlah 20 soal yang sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian soal dibagi menjadi dua bagian dengan rincian 10 soal pada pretest dan 10 soal pada soal posttest. Berdasarkan hasil uji analisis data, diperoleh uji normalitas pretes dengan signifikan 0,271 > 0,05 dan Postes dengan signifikasi sebesar 0,064 > 0,05 maka dikatakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 24,151 + 0,565, kemudian signifikansi sebesar 0,047<0,05, persamaan ini menggambarkan bahwa variabel model pembelajaran tipe make a match berbantu media pembelajaran komik akuntansi digital(X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Hasil Belajar(Y). selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan secara parsial (uji t), diperoleh thitung senilai 23,117 lebih besar dari ttabel senilai 2,035, dengan demikian thitung >ttabel (23,117 > 2,032) dan nilai signifikansi thitung > ttabel (0,000<0,05), Maka hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Kelas XI Akl SMK Negeri 6 Medan T.A 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23416
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi ULFA FADHILAH.pdfFull Text9.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.