Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23413
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVANESA, DEA-
dc.date.accessioned2023-11-29T04:39:44Z-
dc.date.available2023-11-29T04:39:44Z-
dc.date.issued2023-11-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23413-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa di kelas III SD Muhammadiyah 19, Hal ini di sebabkan oleh kurangnya penggunaan metode yang bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan menyebabkan siswa kehilangan minat belajar pada pembelajaran PKN,karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. masalah seperti kurang nya minat belajar siswa pada pembelajaran PKN yang masih tergolong rendah,masih ada siswa yang tidak memiliki perasaan tertarik dalam pembelajaran Pkn sebanyak 10 siswa,dan siswa yang tidak mau berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Pkn sebanyak 6 siswa,perasaan senang pada pembelajaran Pkn terdapat siswa 4 pada pembelajaran ini,terdapat 2 siswa yang merasa nyaman saat pembelajaran Pkn berlansung,terdapat 4 siswa yang memiliki kemauan untuk belajar,terdapat 3 siswa yang memperhatikan saat pembelajaran Pkn berlansung. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu,Bagaimana pengaruh minat belajar siswa sebelum menggunakan metode Role Playing pada pembelajaran PKn.Bagaimana pengaruh minat belajar siswa sesudah menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn.Bagaimana pengaruh minat belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunkan metode Role Playing.Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi yang di bagikan kesiswa kelas atas IV untuk mevalidkan lembar observasi yang dimana jumlah siswa nya 17 siswa setelah divalidkan maka dibagikan ke siswa kelas III sebelum menggunakan metode Role Playing dan sesudah menggunakan metode Role Playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SD Muhammadiyah 19 Medan.Hasil Minat belajar siswa sebelum diterapkan metode belajar siswa pada kelas III diperoleh hasil rata-rata skor Pretest 47,50 dan setelah diberikan perlakuan dan diberikan Post-test mengalami peningkatan menjadi 88,50. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas III.Dengan demikian metode Role Playing dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang dapat menigkatkan minat belajar siswaen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.titlePENGARUH METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARANPKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 19 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEA VANESA 1902090132 SELESAI.pdfFull Text3.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.