Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23379
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Vina Ifanka-
dc.date.accessioned2023-11-29T03:07:59Z-
dc.date.available2023-11-29T03:07:59Z-
dc.date.issued2023-11-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23379-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan media yang menyebabkan siswa terlihat malas dan jenuh dalam proses menghafal Al Qur’an, sehingga berpengaruh pada kualitas hafalan serta minat siswa dalam menghafal Al Qur’an dan kurangnya motivasi dalam menghafal Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media puzzle terhadap kualitas hafalan siswa di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i MTs Nurul Husna Marjanji Aceh yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan kelas IX, dengan jumlah total 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian sejumlah 54 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam proses hafalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis menggunakan T-test yang diperoleh nilai posttest thitung sebesar 3,160 ttbel 2,000 dengan signifikansi 0,003 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kualitas hafalan Al Qur’an siswa di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh.en_US
dc.subjectMedia Puzzle, Kualitas Hafalan Al Qur’anen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI MTs NURUL HUSNA MARJANJI ACEHen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI VINA IFANKA LUBIS 2023.pdf3.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.