Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23375
Title: | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODETAMYIZ PADA SISWA DI SMPIT ALMUNADI MEDAN |
Authors: | HARTATI, ENDANG DWI |
Keywords: | Implementasi, Metode Tamyiz, Sekolah Islam Terpadu |
Issue Date: | 29-Nov-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, proses pembelajaran , dan evaluasi metode Tamyiz di Sekolah SMP IT Al Munadi Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitiannya : 1) Penerapan metode Tamyiz di Sekolah SMP IT Al Munadi Medan menerapkan cara belajar Tamyiz Inside yaitu menyisipkan Tamyiz pada kurikulum dan menjadi program unggulan. Perangkat pembelajaran Tamyiz berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus (Standart Pengajaran Tamyiz), Batasan Materi Tamyiz, dan Buku pegangan Guru. 2) Di kelas VII diketahui bahwasanya dalam proses pembelajaran Tamyiz diterapkan secara berkelompok dan guru Tamyiz berperan penting dalam memberikan suasana belajar yang menyenangkan kepada siswa agar siswa dapat menyerap materi dengan baik sehingga keterampilannya dalam menterjemah Al-Qur‟an meningkat. 3) Evaluasi metode Tamyiz di Sekolah SMP IT Al Munadi Medan kelas VII dilakukan secara kontinyu dan terstruktur sesuai dengan tujuan pembelajaran yang meliputi evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester yang berupa tes tulis dan tes lisan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23375 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ENDANG DWI HARTATI.pdf | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.