Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23360
Title: Pengaruh Metode Talking Stick Melalui Permaianan Truth Or Dare Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 104193 Hamparan Perak
Authors: fransiska, Yulia
Keywords: Keterampilan Komunikasi, Metode Talking Stick.
Issue Date: 29-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick berbasis permainan truth or dare terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran IPA di SD Negeri 104193 Hamparan Perak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104193 yang berjumlah 42 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata yang menggunakan metode Talking stick berbasis permainan truth or dare lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan metode Talking stick dengan nilai rata-rata yaitu 70,76 dengan 56,48. Nilai tertinggi siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Talking stick berbasis permainan truth or dare adalah 85. Nilai tertinggi siswa sesudah menggunakan metode Talking stick berbasis permainan truth or dare adalah 93. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti pada (uji t) perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,000 diperoleh nilai thitung sebesar 85,279, sedangkan untuk ttabel pada N = 42-2, itu adalah 1.684. Maka thitung 85,279 > ttabel 1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Talking Stick Berbasis Permainan Truth Or Dare terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV A SDN 104193 Hamparan Perak
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23360
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PRINT LUX SKRIPSI YULIA FRANSISKA.pdf9.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.