Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23345
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDarti, Tanzilal-
dc.date.accessioned2023-11-29T02:24:43Z-
dc.date.available2023-11-29T02:24:43Z-
dc.date.issued2017-04-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23345-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan prestasi siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Taman Pendidikan Islam (TPI) kecamatan medan amplas, Medan, khususnya prestasi non akademik. Pendekatan teori yang digunakan adalah teori interpersonal yang memiliki prespektif yaitu prespektif komponen, prespektif pengembangan, prespektif relasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menggunakan teknik wawancara langsung sehingga menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu terdiri dari 2 guru dan 2 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah Pola komunikasi interpesonal guru dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa tunarungu di SLB TPI Kota Medan adalah menggunakan pendekatan yang lebih menekankan pada sisi perhatian, empati dan rasa kekeluargaan. Semua itu bertujuan agar siswa dapat memahami maksud dari guru pada saat kegiatan non akademik sedang dilaksanakan. Selain itu guru juga melakukan penanaman nilai-nilai moral dan kedisiplinan kepada siswa untuk membentuk karakter mereka dan menjadikan siswa-siswanya menjadi memiliki sikap tanggung jawab. Peningkatan prestasi yang dicapai oleh siswa dilatar belakangi karena rasa nyaman dan rasa senang yang meliputi diri para siswa tersebut dengan pola komunikasi yang diterapkan oleh guru pembimbing. Sehingga mereka fokus dan disiplin ketika latihan serta bisa memahami satu sama lain.en_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectPrestasien_US
dc.subjectDisabilitasen_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA TUNARUNGU DI SLB TPI MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1203110053.pdfFull Text719.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.