Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23315
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRitonga, Anggi Desi Novriani-
dc.date.accessioned2023-11-28T12:27:41Z-
dc.date.available2023-11-28T12:27:41Z-
dc.date.issued2023-09-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23315-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah.apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 26 Aek Batu Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap berpikir kritis siswa terhadap kelas IV SDN 26 Aek Batu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 11 soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas hipotesis dan uji T. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas sebelum menggunakan (model pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil 69, sedangkan sesudah mengunakan (model pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil 80. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam keterampilan berpikir kritis. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhafap keterhadap berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 26 Aek Batuen_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Problem based learning (PBL)en_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran problem based learning Terhadap Berpikir Kritis di kelas IV SDN 26 Aek Batuen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ANGGI DESI NOVRIANI RITONGA _1902090263.pdf6.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.