Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23277
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSETIA, NURLIA TRI-
dc.date.accessioned2023-11-28T04:28:42Z-
dc.date.available2023-11-28T04:28:42Z-
dc.date.issued2023-11-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23277-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantu media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII MTs Yaspi Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang tediri dari kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID yang berjumlah 126. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA yang ditetapkan sebagai eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIIIC ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 80,83 dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantu media gambar seri dengan rincian siswa memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 12 orang (40%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 18 orang (60%) oleh siswa kelas VIII MTs Yaspi Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2022/2023. Nilai rata-rata sebesar 61,45 kemampuan menulis teks eksplanasi yang telah diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write berbantu media gambar seri yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 9 orang (29,03%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 15 orang (46,87%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 6 orang (19,35%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 1 orang (3,22%). Model pembelajaran think talk write berbantu media gambar seri lebih berpengaruh dalam menulis teks eksplanasi dibandingkan tanpa menggunakan model pembelaran think talk write berbantu media gambar seri. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 5,8024 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 59 maka diperoleh ttabel = 1,671. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 5,8024 > 1,671 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model think talk write berbantu media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII MTS Yaspi Labuhan Deli tahun pembelajaran 2022-2023en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectThink Talk Writeen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII MTS YASPI LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURLIA TRI SETIA.pdfFull Text5.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.