Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23219
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNAZLIDA, NAYLA RAMADHIA-
dc.date.accessioned2023-11-28T01:24:22Z-
dc.date.available2023-11-28T01:24:22Z-
dc.date.issued2023-11-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23219-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang mengunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengambilam sampel menggunakan rumus slovin. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aceh UPTD PPA Wilayah XV Aceh Selatan. Data dianalisis dengan uji kualitas data, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 29.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel (2,058 > 1,984) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,042 < 0,05). Kualitas pelayanan secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai thitung < ttabel (-1,316 < 1,984) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,191 > 0,05). Kemudian secara simultan, kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hal ini dikarenakan nilai fhitung > ftabel (3,472 > 3,09) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,035 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,306 yang menunjukkan bahwa pengaruh dari kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 30,6% dan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectKesadaran Wajib Pajaken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.titlePENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH UPTD PPA WILAYAH XV ACEH SELATANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Nayla Ramadhia Nazlida.pdfFull Text5.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.