Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23215
Title: Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Mendongeng Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 09 Medan
Authors: Oktaria, Dwi
Keywords: Media Gambar Berseri;Kreativitas Siswa
Issue Date: 24-Aug-2023
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas siswa dalam mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui kreativitas siswa di kelas IV SD Muhammadiyah 09 sebelum dan setelah penggunaan media gambar berseri, 2). Untuk mengetahui adanya pengaruh media gambar berseri terhadap kreativitas siswa di kelas IV SD Muhammadiyah 09 Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 09 Medan Tahun ajaran 2023-2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar berseri dan variabel terikatnya adalah kreativitas siswa dalam mendongeng. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata rata pada pretest yaitu sebesar 60.96, Sedangkan nilai rata- rata pada posttest yaitu 80.09. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan statistik uji regresi linear sederhana yaitu thitung> ttabel adalah 5.761> 1,721 (df = 21 pada 5%). Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diatas dapat disimpulkan terdapat pengaruh media gambar berseri terhadap kreativitas siswa dalam mendongeng pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV SD Muhammadiyah 09 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23215
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_DWI Oktaria.pdf7.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.