Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23211
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSamser, Eka Putri-
dc.date.accessioned2023-11-27T12:22:12Z-
dc.date.available2023-11-27T12:22:12Z-
dc.date.issued2023-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23211-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film kartun Nussa dan Rara terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif oleh siswa kelas IX MTs Yaspi Labuhan Deli tahun pembelajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang terdiri dari kelas IX-A, IX-B, IX-C, IX-D, IX-E yang berjumlah 154 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-A ditetapkan sebagai kelas eksperimen degan jumlah siswa 34 orang dan kelas IX-B ditetapkan sebagai kelas kontol dengan jumlah siswa 29 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrument penelitian ini menggunakan tes tulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 85,29 dengan menggunakan media film kartun Nussa dan Rara dengan rincian siswa memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 11 orang (32,35%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 23 orang (67,64%) oleh siswa kelas IX MTs Yaspi Labuhan Deli tahun pembelajaran 2022-2023. Nilai rata-rata sebesar 70,04 kemampuan menulis cerita inspiratif yang telah diajarkan tanpa menggunakan media film kartun Nussa dan Rara siswa yang memperoleh nilai <39 dikategorikan sangat kurang sebanyak 2 orang (6,89%), siswa yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 2 orang (6,89%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 1 orang (3,45%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 16 orang (55,17%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 8 orang (27,59%). Media film kartun Nussa dan Rara lebih berpengaruh dalam menulis teks inspiratif dibandingkan tanpa menggunakan media film kartun Nussa dan Rara. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,5135 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 61 maka diperoleh ttabel = 1,670. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 4,5135 > 1,670 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh Media Film Kartun Nussa Dan Rara terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh siswa kelas IX MTS Yaspi Labuhan Deli tahun pembelajaran 2022-2023.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectMedia Film Kartun Nussa dan Raraen_US
dc.subjectMenulis Teks Inspiratifen_US
dc.titlePengaruh Media Film Kartun Nussa dan Rara Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX MTs Yaspi Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2022-2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EKA PUTRI SAMSER.. (5).pdf6.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.