Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23180
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 158326 BAJAMAS 2
Authors: Wulandari, Putri Ayu
Keywords: Media Pembelajaran;Videoscribe,
Issue Date: 27-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Media Videoscribe dan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe terhadap Kreativitas Belajar IPA Siswa Di Kelas IV SD Negeri 158326 Bajamas 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B SD Negeri 158326 Bajamas 2 berjumlah 40 orang siswa. Analisis yang digunakan Yaitu uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe yaitu 72,63 banding 57,63 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe 67,50 dan Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe ialah 87,50 yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan bahwa pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai signifikasi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah <0,05, dengan demikian nilai signifikasinya dibawah 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran berbasis Videoscribe terhadap kreativitas belajar IPA siswa di kelas IV SD Negeri 158326 Bajamas 2
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23180
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI AYU WULANDARI-1.pdfFull Text2.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.