Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23166
Title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PN 4 MEDAN
Authors: SANTIKA, DILLA
Keywords: Hasil Belajar;Metode Problem Solving
Issue Date: 27-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Metode pembelajaran yang baik adalah yang dimaksudkan untuk mengajar siswa sehingga dapat mencapai tujuan dalam proses belajar. Terdapat banyak metode pembelajaran diantaranya metode problem solving dan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan metode problem solving lebih tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa dibandingkan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs PN 4 Medan. . Penelitian ini menggunakan pendekatan universal untuk pengalaman (Quasi Eksperimen). Juga dikenal sebagai eksperimen keseluruhan, eksperimen ini. Metode eksperimen secara keseluruhan, atau eksperimen semu, adalah eksperimen yang mereplikasi eksperimen yang tidak terkontrol tanpa memasukkan variabel kontrol atau memanipulasi variabel yang relevan. Berdasarkan hasil uji t-test untuk data post-test siswa yang diberikan metode problem solving dan metode ceramah diperoleh nilai t hitung = 3,213 dengan nilai signifikansi = 0,003. Karena nilai signifikansi yaitu 0,003 < α = 0,05 maka Ha diterima sehingga disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode problem solving dengan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di MTs PN 4 Medan. Dengan perbedaan rata-rata yaitu 8,094. Maka ini menunjukkan bahwa metode problem solving lebih baik daripada metode ceramah
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23166
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1901020099..pdfFull Text4.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.