Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23156
Title: PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PENINGKATAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP NEGERI 24 MEDAN
Authors: MUTIAH, SITI
Keywords: Metode Kibar;Al-Qur’an
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode kibar, hasil, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di SMP Negeri 24 Medan. penelitian yang digunakan adalah kualitatif study kasus yang dimana teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah, guru Agama Islam/Al Qur‟an sudah menerapkan metode kibar dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an di setiap kelas, dan sangat diterima oleh siswa-siswa dengan antusias. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penerapan metode kibar adalah klasikal, yaitu pembelajaran al-Qur‟an secara bersama-sama. Caranya guru memberikan contoh bacaan kemudian siswa menirukan; dan privat yaitu penyimakan seorang demi seorang. (2) Penerapan metode kibar dalam kegiatan pembelajaran al Qur‟an dapat meningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur‟an. (3) faktor penghambat dalam penerapan metode kibar ini antara lain: guru pengajar kurang bisa memahami masing-masing karakter belajar anak, orang tua tidak mendampingi belajar dirumah, dan anak kurang kondusif serta sering cepat berubah perasaannya. Dan faktor pendukung pada metode kibar ini terletak pada kemampuan guru dalam membaca Al-Qur‟an, peran orang tua dalam mendampingi anak belajar membaca Al-Qur‟an di lingkungan keluarga, kemampuan anak, dan suasana kelas yang kondusif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23156
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI _SITI MUTIAH_1901020030.pdfFull Text5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.