Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23141
Title: PENGARUH METODE FISHBOWL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Authors: Amalia, Fauziyah
Keywords: Metode Fishbowl, Audiovisual, Menganalisis, Teks Negosiasi
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode fishbowl berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Tritech Medan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitaif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post test only control design. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh kelas X sebanyak 12 kelas yang berjumlah 272. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X Mex sebagai kelas ekperimen dan kelas X MR 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berisi 2 soal yaitu menganalisis Struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Tritech Medan tahun pelajaran 2022/2023 dengan metode fishbowl berbantuan media audiovisual berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 80,75 sedangkan, kemampuan menganalisis teks negosiasi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata-rata 60,23. Berdaarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,75 > 2,0167, maka dapat di simpulkan bawah ada pengaruh metode fishbowl berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Tritech Medan tahun pelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23141
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Akhir Fauziyah Amalia.pdf4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.