Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23138
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Saentis
Keywords: Metode Discovery Learning, Keterampilan Menulis
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum menggunakan Metode Discovery Learning dan keterampilan menulis setelah menggunakan metode Discovery Learning kelas IV SD Negeri 101783 Saentis tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapakan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu Perfomence dan lembar kerja siswa digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis. Berdasarkan hasil lembar kerja yang dilakukan sebelum menggunakan metode Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis pada kelas kontrol adalah 68,91 dan kelas Eksperimen adalah 79,45. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-tailed) yaitu ,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 101783 Saentis Tahun Pembelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23138
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_JESSIE.pdf4.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.